INI CARAKU YANG MUNGKIN BEDA DARI KALIAN

Menurutku cara menyembuhkan luka hati itu dengan 3 tahapan, walaupun cara ini tetap membutuhkan waktu sebagai kunci utamanya, setidaknya ini bisa mempercepat.

Yang pertama adalah bercerita, secara langsung, face to face dengan manusia juga. Sebagai pencerita, kita tidak selalu membutuhkan tanggapan, empati atau dukungan moral. Kita hanya ingin didengar. Hanya ingin menumpahkan kekesalan, kesedihan, kekecewaan dan sebagainya secara lebih ekspresif. Dan bercerita bisa dilakukan ke siapa saja (biasanya ke orang-orang yang sudah kita percaya pastinya) secara terus-menerus, agar apa? Ya agar kita muak dengan cerita kita sendiri, bukan benci ya, beda. Karena lambat laun cerita itu akan menjadi basi, sudah tidak akan semenggebu-gebu lagi seperti di pertama kali bercerita, kita mulai memaklumi dengan semuanya dan akan lebih bagusnya jika kita sudah bisa mengambil hikmahnya.

Yang kedua adalah menulis, karena dengan menulis kita mengenang, mengenang segala kejadian-kejadian tadi yang sudah kita ceritakan ke orang lain. Karena tidak semua hal harus dilupakan, tulisan kita akan menjadi sebuah pengingat bahwa kita pernah dalam masa itu. Dan harapannya agar kita juga tidak masuk ke dalam lubang yang sama di masa depan. Untuk aku pribadi, menulis bisa menjadi kesempatan untuk memberi kabar. Kabar bahwa kita masih dalam keadaan sedih atau sudah merelakan atau bahkan sudah berbahagia kembali.

Dan yang ketiga adalah pergi jauh. Aku pribadi mendefinisikan pergi yang jauh adalah jarak suatu tempat yang bisa dijangkau minimal dengan kereta api atau kapal laut atau kapal terbang (walaupun dengan darat pun bisa, tapi membutuhkan waktu yang lama). Pergi sendiri atau dengan kawan adalah pilihan, yang penting aman dan selamat. Tapi untuk aku lebih suka berpergian sendiri-walaupun pada akhirnya nanti tetap ada kawan yang menemani meskipun hanya sebentar. Mengunjungi beberapa tempat yang belum pernah kita datangi, mengobrol dengan warga di sana atau mungkin merenung, bukan melamun ya, beda.
Banyak orang yang berkomentar tentang caraku ini, katanya, terlalu indie-lah, nekat, alay dan banyak yang lainnya. Tapi cara orang menyembuhkan sebuah penyakit memang berbeda-beda bukan? Ada yang ke dokter, ke orang pintar, ke pengobatan alternatif, semua orang punya cara dan yakin dengan cara yang ia pilih. Jadi, dengan apakah kamu menyembukan luka hatimu?

Komentar

  1. Caraku menyembuhkan lukaku : mandi di bawah keran sambil dengerin lagu galau:")

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akhirnya Sampai Juga

I'll through this

Buku Kosong yang Perlu Diisi