MIRIS

Sehari sebelum malam tahun baru, tepatnya tanggal 30 Desember 2017, di seberang kampung gue lagi ada syukuran gedung baru punya kecamatan setempat. Beritanya udah nyebar kemana-mana seantero kampung, sampe H-1 acara, bapak-bapak pada saling nanya "Besok dateng nggak ke kecamatan?"
Malem itu gue dateng, nggak antusias banget tapi sedikit nostalgia. Ya, syukuran kantor kecamatan itu berupa pertunjukan wayang atau lebih dikenal dengan wayangan.
Dulu waktu gue kecil, sering banget ada wayangan di sekitaran rumah gue, entah itu acara HUT RI, hari-hari besar Jawa dan lain-lain. Gue sering dateng sama temen-temen, ya.. walaupun untuk kita-kita yang masih kecil nggak tau itu cerita apa dan si dalang ngomong apa (soalnya pake Bahasa Jawa alus). But we enjoyed the vibe!
Maksutnya, gue dan temen-temen masih bisa ngerasain dingin-dingin pake jaket dan celana panjang, keluar rumah, bareng-bareng sama temen sekampung sampe begadang hanya untuk ngeliat wayang yang kita bahkan nggak tau.
Dan gue bandingin setelah 10 tahun kemudian (mungkin lebih), ya tepatnya waktu gue dateng ke kantor kecamatan itu, udah nggak ada anak-anak kecil yang pake jaket & celana panjang, duduk-duduk buat nontonin wayang, udah-nggak-ada.
Gue sedih tapi nggak bisa nyalahin siapa-siapa, tapi kalo gue atau suami tua nanti, gue udah nggak bisa begadang keluar rumah buat nonton wayang, mungkin hiburan gue nanti cuma smartphone sama tv kalo masih ada acara yang waras, karena gue yakin semakin hari wayang akan semakin pudar dimakan zaman. Dan gue hanya berharap buat generasi sekarang, ayolah kita nikmatin budaya yang masih kita miliki sekarang, okelah kita dengerin lagunya mungkin udah jarang lagu berbahasa indonesia tapi jangan lupakan budaya kita.
Dan gue hanya saran aja buat budayawan utamanya di daerah Jawa, mungkin pengantar bahasa untuk wayang bisa dibuat lebih universal dengan Bahasa Indonesia agar masyarakat luar jawa pun bisa ngerti tentang apa cerita wayang itu.
Mungkin cerita ini sedikit klise tapi jujur, gue sedih. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akhirnya Sampai Juga

I'll through this

Buku Kosong yang Perlu Diisi